Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Berbagai Dampak Perubahan Iklim Bagi Kehidupan

Perubahan iklim diartikan sebagai perubahan dalam jangka panjang dalam hal cuaca dalam peridode waktu tertentu, umumnya antara puluhan hingga ratusan tahun. Perubahan iklim merupakan sebuah bencana besar dan malapetaka bagi umat manusia, hal ini dikarenakan dampak perubahan iklim bagi kehidupan manusia sangat merugikan sekali. Dan inilah pembahasan singkat mengenai berbagai macam dampak perubahan iklim bagi kehidupan dimuka bumi.

Sumber : https://www.flickr.com/photos/gpsea/2498556888/

  • Sarana Prasarana Menjadi Rusak
Perubahan iklim menyebakan terjadinya cuaca ekstrim yang menyebakan terjadinya bencana. Jika sudah terjadi bencana seperti tanah longsor, badai angin topan dan banjir misalnya, maka sudah bisa dipastikan akan ada banyak sarana prasarana dan infrastruktur yang rusak. Ini merupakan sebuah kerugian yang besar akibat dari terjadinya perubahan iklim dibumi ini.
  • Merebaknya Wabah Penyakit
Salah satu dampak perubahan iklim bagi kehidupan dimuka bumi adalah merebaknya wabah-wabah penyakit khususnya untuk penyakit-penyakit pernapasan. Hal ini dikarenakan perubahan iklim menyebabkan polusi dan pencemaran udara yang akhirnya menurunkan fungsi dari paru-paru. Tentunya ini sangat merugikan bagi kehidupan kita didunia ini.
  • Kekeringan dan Kekurangan Sumber Air
Perubahan iklim serta global warming berdampak kepada terjadinya kekeringan dihampir seluruh wilayah Indonesia. Bencana kekeringan diperparah dengan penyedotan secara besar-besaran sumber air yang ada karena kebutuhan manusia yang tinggi akan air. Jika hal ini tidak segera diatasi maka fenomena kekeringan dan kekurangan air akan semakin parah.
  • Bencana Alam
Dampak perubahan iklim yang mungkin sering kita lihat adalah bencana alam seperti meningkatnya kejadian atau intensitas terjadinya badai, hal ini bukan hanya merusaka infrastruktur yang ada tetapi juga memakan korban jika. Perubahan iklim juga mengakibatkan cuaca ekstrim dan turun hujan deras sehingga seringkali terjadi banjir misalnya di Jakarta.
  • Harga Pangan Semakin Meningkat
Hal yang dikhawatirkan dari perubahan iklim adalah meningkatnya harga jual pangan, ini jelas sangat menyesakkan karena pangan merupakan kebutuhan yang mau tidak mau harus dipenuhi. Meningkatnya harga pangan ini karena tidak lain dan tidak bukan berkurangnya produksi hasil pangan karena beberapa faktor penghambat seperti kekeringan dan gagal panen.
  • Udara Semakin Tidak Sehat
Dampak perubahan iklim lainnya adalah tingkat pencemaran udara yang tinggi sehingga membuat kualitas udara semakin tidak sehat. Perubahan iklim, global warming, pertumbuhan penduduk semakin meningkatkan permintaan akan energi. Sedangkan kita tahu bahwa energi dihasilkan dari bahan bakar fosil yang notabene mengelurkan emisi gas berupa kabon dioksida.

Nah itulah berbagai dampak perubahan iklim bagi kehidupan kita dimuka bumi ini. Semoga dengan adanya penjelasan singkat diatas dapat menggugah hati kita untuk bersama-sama berupaya menyelamatkan bumi ini dari kerusakan semisal terhadap fenomena seperti perubahan iklim dan global warming.

Berbagai Dampak Perubahan Iklim Bagi Kehidupan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment