Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Pengertian Perubahan Iklim Serta Penyebab Dan Dampaknya

Perubahan iklim merupakan fenomena alam yang terjadi dibumi dewasa ini, keadaan ini harus kita waspadai karena dampaknya yang dapat merugikan bagi kehidupan dimuka bumi ini. Oleh sebab itu, kita harus berupaya untuk menjaga dan melestarikan bumi ini agar tidak terjadi lagi kerusakan yang parah yang bisa menyebabkan perubahan iklim. Dan inilah tulisan pengertian perubahan iklim serta penyebab dan dampaknya bagi kehidupan dibumi.

Source : https://www.flickr.com/photos/kk/4195206857/

Pengertian Perubahan Iklim

Pengertian perubahan iklim menurut Wikipedia adalah perubahan yang terjadi secara signifikan mengenai pola cuaca yang dihitung berdasarkan angka statistik dalam rentang waktu puluhan hingga ratusan tahun lamanya. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadi perubahan iklim seperti proses biologis, radiasi sinar matahari, tekanan tektonik, erupsi gunung berapi, dan masih banyak lagi.

Sedangkan pengertian perubahan iklim menurut Enviromental Protection Agency (EPA) adalah perubahan iklim secara signifikan yang terjadi pada periode waktu tertentu. Dengan kata lain, perubahan iklim juga bisa diartikan sebagai perubahan suhu yang drastis, curah hujan, pola angin, dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa suhu bumi perubah satu derajat dalam tempo 100 tahun terakhir.
Penyebab Perubahan Iklim

Terjadinya peristiwa perubahan iklim bukan terjadi secara tiba-tiba, ini dikarenakan ada faktor-faktor penyababnya baik itu karena fenomena alam maupun karena tingkah laku manusia. Dan inilah beberapa penyebab perubahan iklim:
  • Aktivitas manusia seperti penebangan hutan secara liar.
  • Terjadinya fenomena pemanasan global
  • Terjadinya peristiwa efek rumah kaca.
  • Terjadinya El Nino dan El Nina dilautan.
  • Menipisnya lapisan ozon di atmosfir bumi.
Dampak Perubahan Iklim

Dampak perubahan iklim merupakan sesuatu yang dikhawatirkan bagi penduduk bumi. Bagaimana tidak, dampak perubahan iklim sangat mengerikan karena bisa mengancam kehidupan umat manusia. Dan inilah beberpa dampak perubahan iklim:
  • Sarana prasaran (infrastruktur) menjadi rusak.
  • Merebaknya wabah penyakit terutama pernapasan.
  • Kekeringan dan kekurangan sumber air.
  • Terjadinya bencana alam dimana-mana.
  • Harga pangan menjadi semakin meningkat (mahal).
  • Udara menjadi semakin kotor.
Nah itulah pembahasan singkat mengenai pengertian perubahan iklim serta penyebab dan dampaknya yang terjadi dimuka bumi ini. Mengingat dampak perubahan iklim yang begitu luar biasa mengerikan, maka kita harus bisa manjaga dan melestarikan bumi yang kita cintai ini. Kita bisa memulai dengan hal-hal sederhana terlebih dahulu seperti menanam pohon dan bersepda.

Pengertian Perubahan Iklim Serta Penyebab Dan Dampaknya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

1 comments: