Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

5 Fungsi Sungai Bagi Kehidupan Manusia

Fungsi sungai bagi manusia tentulah amat sangat banyak, ini merupakan karunia dan nikmat Sang Pencinta yang harus kita jaga dan lestarikan. Oleh sebab itu, kami akan menejelaskan kepada para pembaca semua mengenai berbagai macam manfaat sungai bagi kehidupan manusia dan makhluk lain yang ada dimuka bumi ini. So, mari kita saksikan bersama tulisan yang satu ini mengenai 7 fungsi sungai bagi kehidupan manusia, silahkan disimak baik-baik infonya.

Sumber : https://www.flickr.com/places/Pakistan/Azad+Kashmir?q=river

Mengenali Fungsi Sungai Bagi Kehidupan

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai fungsi sungai alangkah lebih baik kita mengenai apa itu sungai terlebih dahulu. Sebenarnya banyak yang memberikan pengertian atau definisi mengenai sungai itu sendiri. Tapi secara benang merahnya kita bisa mengartikan sungai sebagai aliran air yang begitu besar dan umumnya memanjang yang mengalir secara terus menerus dari hilir menuju ke hulu. Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca https://en.wikipedia.org/wiki/River.

5 Fungsi Sungai Bagi Kehidupan Manusia

1. Pada hakikatnya sungai adalah aliran air, dimana air ini merupakan salah satu sumber daripada sumber-sumber kehidupan manusia. Diketahui bahwa 70% tubuh manusia ini terdiri dari air dan kita tidak bisa hidup tanpa air. Tentunya tidak sedikit manusia yang menjadikan air sungai sebagai air minum mereka.

2. Fungsi sungai lainnya yaitu sungai dijadikan mata pencaharian bagi sebagaian manusia yang ada dimuka bumi ini, ada yang menjadikan sungai sebagai tempat mencari ikan, tempat mengembangbiakan ikan, tempat pengairan untuk pertanian mereka, tempat pariwisata, dan masih banyak lagi.

3. Sungai juga mengandung berbagai macam bahan-bahan atau material-material yang digunakan sebagai bahan bangunan misalnya saja pasir, batu kerikil, batu kali, dan yang lainnya. Ini bisa dijadikan manusai sebagai bahan atau material membuat bangunan atau juga bisa dijual yang tentunya akan menghasilkan uang.

4. Fungsi sungai tentunya tidak hanya dirasakan untuk manusia saja melainkan juga mahkluk lainnya yang ada dimuka bumi ini, tidak terkecuali tumbuh-tumbuhan atau tanam-tanaman. Kita bisa melihat banyak sekali tumbuh-tumbuhan atau tanam-tanaman yang begitu subur dan indah yang ada disekitar sungai.

5. Sungai juga digunakan sebagai sarana transportasi air, mungkin ini bisa menjadi solusi bagi kemacetan yang ada dikota-kota besar, hendaknya Pemerintah bisa mengoptimalkan potensi transportasi air ini supaya bisa digunakan sebagai alternatif transportasi yang ada dikota-kota besar yang rawan akan kemacetan.

Fungsi Sungai Lainnya Yang Perlu Kita Ketahui

Selain ke-5 fungsi sungai yang telah kami jelaskan sebelumnya, tentunya masih banyak manfaat lainnya dari sungai yang perlu kita ketahui bersama. Dan inilah beberapa fungsi sungai lainnya yang perlu kita ketahui:
  • Sungai dapat digunakan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air.
  • Sungai digunakan untuk kepentingan pengairan khususnya pertanian.
  • Sungai juga bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi dan hobi.
  • Sungai banyak digunakan sebagai sarana olahraga air.
  • Sungai bisa dijadikan sebagai tempat penelitian atau riset.
  • Sungai juga bisa digunakan sebagai tempat belajar bagi siswa.
  • Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat sungai lainnya.

So, Kamu Sudah Tahu Kan Fungsi Sungai Itu?

Nah itulah tulisan yang lumayan singkat mengenai berbagai macam fungsi sungai bagi kehidupan manusia dan juga makhluk lainnya yang ada dimuka bumi ini. Tentunya kita berharap semoga sungai-sungai yang ada dibumi ini khususnya di Indonesia bisa terjaga dan lestari, bersih dan juga asri. Terima kasih telah berkunjung untuk membaca tulisan ini dan terima kasih banyak.

5 Fungsi Sungai Bagi Kehidupan Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment