Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

7 Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

Sebagian bagian dari masyarakat dunia kita harus memiliki upaya pelesatarian lingkungan hidup, sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwasannya semakin hari kualitas lingkungan hidup kita semakin berkurang yang salah satu penyebabnya adalah adanya tangan-tangan jahil disekitar kita. Oleh sebab itu kita harus berupaya dan berusaha semaksimal mungkin melakukan hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki kualitas alam disekitar kita ini. Dan inilah hal-hal yang bisa kita lakukan sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup.

Source : https://www.flickr.com/photos/yanczes/17289704531
  1. Reboisasi, yaitu penanaman kembali daerah-daerah yang saat ini terbilang gundul misalnya saja didaerah perbukitan, lereng gunung, kawasan hutan dll.
  2. Melakukan upaya rehabilitasi lahan, yaitu memperbaiki kualitas lahan-lahan yang rusak atau kritis (tanah-tanahnya dijadikan subur kembali).
  3. Membuat peraturan yang tegas seputar tata guna lahan dan juga pola tata ruang wilayah yang disesuaikan dengan karakteristik dan peruntukan lahan.
  4. Menjaga daerah resapan air dengan cara menjaga dan melestarikan tanaman-tanaman (pohon-pohon) yang berada disekitar daerah tersebut.
  5. Untuk daerah-daerah yang memiliki tanah yang miring (rentan terhadap erosi), maka sebaiknya dibuat sistem sengkedan atau terasering.
  6. Perlunya dibuat sistem tumpangsari agar kandungan organik dan unsur-unsur hara didalam tanah tidak hanya dikonsumsi sejenis tanaman saja.
  7. Masyarakat kota juga perlu udara bersih, oleh sebab itu perlu adanya hutan kota atau setidaknya taman kota yang penuh dengan pepohonan.
Nah itulah dia beberapa cara dan upaya pelestarian lingkungan hidup agar alam kita tetap terjaga dan lestari. Perlu diketahui bahwa pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab kita bersama, siapapun dia tetap bertanggung jawab baik masyarakat maupun pemerintah. Oleh sebab itu mari kita bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan alam disekitar kita, semoga bermanfaat.

7 Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment