Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Penyebab Kerusakan Hutan Serta Dampaknya Bagi Kehidupan

Tidak bisa dipungkiri bahwa kerusakan hutan terjadi setiap hari, informasi tersebut seringkali kita dapatkan dari berbagai macam media seperti televisi, internet, radio, dan media-media lainnya. Padahal kita tahu semua bahwa keberadaan hutan sangatlah penting bagi kehidupan didunia ini dianataranya sebagai paru-paru dunia, mengendalikan bencana alam, rumah bagi flora fauna, dan masih banyak lagi. Dan dibawah ini akan dijelaskan secara singkat penyebab kerusakan hutan serta dampaknya bagi kehidupan dimuka bumi ini, simak informasi berikut ini.

Kerusakan Hutan
Source : https://www.flickr.com/photos/crustmania/233523196/

Penyebab Kerusakan Hutan

Sesuatu yang terjadi tentu ada sebab musababnya, begitu juga dengan kejadian kerusakan hutan. Tentu ada penyebab kerusakan hutan baik itu karena faktor alam maupun faktor ulah manusia, dan inilah beberapa penyebab kerusakan hutan:
1. Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kerusakan hutan. Kebakaran hutan sangalah susah untuk diatas, untuk itu kita semua harus dapat mengantisipasi agar kejadian tersebut tidak terjadi. Penelitian menunjukan bahwa sebagian besar kebakaran hutan yang terjadi dikarenakan ulah manusia.

2. Penebangan Hutan Secara Liar

Penyebab kerusakan hutan lainnya yang memilidi andil yang sangat besar adalah penebangan hutan secara liat atau yang biasa disebut illegal logging. Umumnya kejadian seperti ini dilatarbelakangi oleh permasalahan ekonomi, untuk itu Pemerintah diharapkan bisa memberikan solusi dalam permasalahan ini.

3. Penegakkan Hukum Yang Lemah

Lemahnya supremasi hukum di Indonesia menjadi penyebab lain dari kerusakan hutan, hal ini yang membuat pelaku kerusakan hutan tidak jera dan melakukan perbuatan illegal logging lagi setelah mendapatkan hukuman. Ini juga merupakan pekerjaan rumah bagi Pemerinta untuk membuat hukum yang baik.

4. Mentalitas Manusia

Sebenarnya penyebab kerusakan hutan yang terjadi selama ini adalah karena mantalitas sebagian manusia yang menganggap dirinya paling berhak untuk mengelola hutan. Padahal kenyataan dilapangan banyak amanah yang disalahgunakan sehingga menjadikan hutan yang semakin hari semakin rusak.

Sebenarnya masih banyak penyebab-penyebab lain yang menjadikan hutan kita semakin hari semakin rusak. Penyebab-penyebab tersebut diantaranya perambahan hutan, perpindahan ladang, pertambangan, transmigrasi, pemukiman penduduk, pembangunan sarana prasarana, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dampak Kerusakan Hutan

Ketahuilah bahwa dampak kerusakan hutan sangatlah merugikan bagi kehidupan. Oleh sebab itu kita harus bisa menjaga dan melindungi hutan kita dari keruskan. Dan dibawah ini adalah beberapa dampak kerusakan hutan bagi kehidupan didunia:
  • Semakin lama hutan semakin gundul dan ini tentunya merugikan.
  • Hutan yang gundul bisa menjadi sebab terjadinya banjir pada musim hujan.
  • Keruskan hutan dapat menjadikan peristiwa kekeringan dimusim kemarau.
  • Hilangnya potensi keuntungan negara dari pendapatan hasil hutan.
  • Matinya berbagai jenis flora dan fauna yang habitatnya dihutan.
  • Menjadi sebab terjadinya fenomena perubahan iklim dan pemanasan global.
  • Membuat kerusakan ekosistem bagi yang ada didarat maupun dilaut.
  • Secara tidak langsung hal ini menjadi sebab musabab kemiskinan.
Nah itulah pembahasan singkat mengenai penyebab kerusakan hutan serta dampaknya bagi kehidupan dimuka bumi ini. Setelah mengetahui dampaknya yang begitu merugikan semoga bisa membuat kita semakin bersemangat untuk menjaga, mencintai, dan melestarikan hutan yang ada disekitar kita agar terhindar dari kerusakan. Dan semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu semua.

Penyebab Kerusakan Hutan Serta Dampaknya Bagi Kehidupan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment