Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Pengertian Lingkungan Hidup Serta Cara Melestarikannya


Lingkungan hidup merupakan bagian yang tak terpisahkan dari diri kita, hampir setiap aktivitas yang kita lakukan berhubungan dengan lingkungan. Oleh sebab itu kita harus bisa menjaga dan melestarikan lingkungan hidup agar senantiasa eksis hingga akhir zaman. Sebenarnya banyak cari sederhana yang bisa kita lakukan untuk melestarikan lingkungan seperti menanam pohon, menggunakan sepeda, dan lain sebagainya. Dalam tulisan ini kita akan mempelajari dan memahami pengertian lingkungan hidup dan bagaimana cara melestarikannya.

Source : https://www.flickr.com/photos/nattu/4776978041/?rb=1

Mengenali Pengertian Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup Secara Umum

Secara garis besar lingkungan hidup dapat diartikan sebagai segala sesuatu baik itu benda, daya maupun kondisi yang terdapat didalam suatu tempat atau ruang tempat dimana manusia atau mahluk lainnya berada dan dapat mempengaruhi hidupnya. Istilah lingkungan hidup ini ada dalam berbagai macam bahasa seperti environment didalam Bahasa Inggris atau l'environmrnt didalam bahasa Prancis.

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Pengertian lingkungan menurut S.J. McNaughton dan Larry L. Wolf adalah semua faktor eksternal (luar) baik itu yang sifatnya bilogis maupun fisika yang langsung mempengaruhi kehidupan, perkembangan, pertumbuhan, dan reproduksi organisme. Mereka berdua adalah akademisi, praktisi dan juga penulis buku yang ruang lingkupnya selalu berhubungan dengan lingkungan hidup.
Sedangkan pengertian lingkungan hidup menurut Prof. Dr. Ir. Otto Soemarwoto adalah segala sesuatu baik itu benda maupun kondisi yang berada didalam ruang yang kita tempati yang dapat mempengaruhi kehidupan kita. Beliau adalah adalah seorang pakar ekologi Indonesia yang begitu terkenal baik didalam maupun luar negeri. Beliau juga merupakan seorang akademisi sekaligus praktisi.

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Media

Pengertian lingkungan hidup menurut situs ensiklopedia online terbesar Wikipedia adalah segala seautu yang ada di alam ini baik yang ada dibumi maupun diluar bumi, yang dapat mencakup segala makhluk hidup (manusia dan makhluk-makhluk lainnya) yang berfungsi secara alami dan tanpa adanya campur tangan dari manusia. Lingkungan hidup sering disebut juga sebagi lingkungan.

Pengertian Lingkungan Hidup Lainnya

Pengertian lingkungan hidup lainnya seperti yang dikemukakan oleh Michael Allaby didalam kamus lingkungan hidupnya adalah segala sesuatu baik itu bersifat fisika, kimia, maupun biotik yang ada disekitar kita. Beliau merupakan seorang tokoh terkenal dari Inggris kelahiran 1933 yang seringkali menulis tentang pengetahuan-pengetahuan (seputar lingkungan hidu) khususnya mengenai ekologi dan cuaca.

Cara Melestarikan Lingkungan Hidup

Bagaimana Cara Melestarikan Lingkungan Hidup?

"Bagaimana cara melestarikan lingkungan hidup?" mungkin itu merupakan sebuah pertanyaan yang sering kita dengar ketika didalam kelas atau diruangan seminar yang bertemakan lingkungan. Ketahuilah bahwa sebenarnya ada cara yang relatif sederhana yang bisa kita lakukan (semua dari kita) untuk bersama-sama melestarikan lingkungan hidup yang berada disekitar kita. Dan inilah berbagai macam cara simple untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar:

1. Menanam Pohon

Kita bisa melakukannya mulai dari halaman rumah kita dengan menanam pohon-pohon kecil seperti cabe, bawang, tomat dan lain sebagainya. Kita juga bisa mengikuti acara-acara penanaman pohon yang sering dilakukan berbagai macam organisasi atau instansi baik itu yang dari Pemerintah maupun swasta.

2. Menggunakan Kertas Sewajarnya.

Untuk semua orang khususnya para pelajar, kita dianjurkan untuk menggunakan kertas secara wajar. Hal ini karena kertas dihasilkan dari kayu-kayu yang ada dihutan, dengan kata lain semakin banyak kertas yang kita gunakan semakin banyak pohon-pohon yang ditebang dihutan, maka berhematkan mulai sekarang.

3. Menggunakan Sepeda.

Selain dapat menyehatkan tubuh, bersepeda juga baik untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar kita. Hal tersebut dikarenakan sepeda tidak mengeluarkan gas emisi layaknya mobil dan motor. Kita bisa menggunakan sepeda dalam menjalankan aktivitas-aktivitas kita seperti ke kantor, ke sekolah, dll.

4. Menggunakan Kendaraan Umum

Kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk beraktivitas seperti ke sekolah atau berangkat kerja. Sebenarnya kendaraan umum juga menghasilkan emisi namun lebih sedikit daripada kendaraan sendiri yang memuat hanya sedikit penumpang. So, selain menjaga lingkungan ini juga baik untuk berhemat.

Nah itulah pembahasan yang begitu ringkas mengenai lingkungan hidup, didalamnya terdapat tulisan mengenai pengertian lingkungan hidup secara umum menurut para ahli, dan menurut media. Didalam tulisan ini juga dibahas secara singkat pula bagaimana cara yang bisa kita lakukan untuk turut serta menjaga lingkungan sekitar kita. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk para pembaca yang budiman.

Pengertian Lingkungan Hidup Serta Cara Melestarikannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment