Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Pemanasan Global Adalah Sebuah Bencana Besar

Pemasanan global adalah sebuah bencana besar, ya memang seperti itu kenyataannya. Hal tersebut dikarenakan berbagai dampak yang ditimbulkan oleh pemanasan global sangat luar biasa. Akibat pemanasan global ini tidak hanya dirasakan oleh populasi umat manusia saja, melainkan juga semua mahluk hidup penghuni bumi ini. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa sekitar 50 tahun mendatang, satu juta spesies mahluk hidup akan punah, hal ini sungguh sangat merugikan sekali bagi kehidupan dibumi.

Pemanasan global juga merupakan sebuah bencana yang bersifat multiplier efek, artinya bencana ini tidak bisa sendiri atau bisa membuat bencana-bencana lainnya. Pemanasan global bisa menyebabkan terjadinya gelombang pasang didaerah pesisir, hilangnya pulau-pulau kecil, kekeringan, gagal panen, hingga timbulnya berbagai macam penyakit. Sungguh mengkhawatirnya pemanasan global ini, untuk itu diperlukan perhatian dari kita semua agar dapat memelihara dan melestarikan lingkungan serta alam sekitar kita.

Source : http://www.flickr.com/photos/undpeuropeandcis/4444871307/

Apa Sih Pemanasan Global Itu?

Menurut halaman situs Wikipedia, pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi baik didarat, laut, maupun udara (atmosfir) bumi. Suhu rata-rata dipermukaan bumi ini meningkat hampir satu derajat celcius sejak awal tahun 1900-an. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, 3 penyebab utamanya adalah efek rumah kaca, efek umpan balik dan juga variasi matahari. Penyebab lainnya dari pemanasan global adalah polusi karbon dioksida, kebakaran hutan, dan lain lain.

Sebuah halaman situs NMSEA menuliskan bahwa pemanasan global adalah meningkatnya suhu rata-rata dipermukaan bumi yang disebabkan oleh terjadinya peristiwa efek rumah kaca, dimana gas karbon dioksida yang diakibatkan oleh pembakaran bahan bakar fosil dan juga kebakaran hutan terperangkap diatmosfir bumi, sehingga sinar matahari yang terpantul dari bumi ke angkasa tidak bisa keluar. Hal ini membuat bumi kita semakin panas, sehingga peristiwa ini dinamakan pemanasan global.

Baca Juga Artikel : Gambar Pemanasan Global

Source : http://www.flickr.com/photos/celebrinmattia/6008540416/

Mengapa Pemanasan Global Disebut Sebagai Bencana Besar?

Hal ini dikarenakan pemanasan global akan mengakibatkan bencana-bencana lainnya yang sangat mengancam kehidupan manusia dan mahluk lainnya dimuka bumi. Bencana-bencana alam lainnya yang bisa terjadi akibat pemanasan global ini antara lain:

Banjir Didaerah Pesisir dan Hilangnya Pulau-pulau Kecil
Tahukah anda bahwa salju-salju (bongkahan es) didaerah kutub (Kutub Utara, Greenland, dan Kutub Selata) mencair? Ini memang benar suatu keniscayaan, hal ini dikarenakan bumi yang semakin hari semakin panas. Mencairnya es-es yang ada dikutub menyebabkan permukaan air laut menjadi meningkat, utamanya untuk daerah-daerah sekitar garis khatulistiwa (tropis). Hal ini bisa berdampak besar seperti terjadinya gelompang pasang didaerah pesisir dan menghilangnya pulau-pulau kecil seperti di Indonesia.

Bencana Kekeringan dan Gagal Panen
Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan berita seputar bencana kekeringan dan juga gagal panen yang terjadi disejumlah daerah di Indonesia, bahkan bencana ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja melainkan juga dibeberapa negara. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti ketersedian air yang tidak mencukupi, sistem irigasi yang tidak baik, dan juga pemanasan global. Bencana kekeringan dan gagal panen bisa menyebabkan benana lainnya seperti bencana kelaparan dan kekurangan gizi baik.

Meningkatnya Intensitas Badai
Sebuah penelitian mengemukakan bahwa memang tidak ada hubungan antara pemanasan global dengan terciptanya sebuah badai, akan tetapi pemanasan global bisa meningkatkan intensitas badai yang sedang terjadi. Hal ini dikarenakan pemanasan global bisa meningkatkan suhu udara dan juga lautan, ini bisa memicu terjadinya peningkatan kecepatan angin yang berdampak kepada intensitas badai yang semakin parah. Para ilmuwan menemukan banyak sekali potensi badai destruktif selama 35 tahun belakangan.

Munculnya Berbagai Macam Penyakit
Salah satu efek daripada pemanasan global yang ditakuti umat manusia adalah munculnya berbagai macam penyakit. Pemanasan global ditambah dengan menipisnya lapisan ozon diatmosfir bumi bisa memicu berbagai macam penyakit kulit. Pemanasan global yang disebabkan oleh polusi korbon dioksida di udara juga bisa mengakibatkan penyakit ganguan pernapasan. Tidak hanya itu, pemanasan global bisa memicu penyakit-penyakit lainnya termasuk 35 jenis infeksi baru lainnya. Sungguh Ironis sekali!

Baca Juga Artikel : Pengertian Pemanasan Global

Source : www.flickr.com/photos/ameliaps/2459534150/

Lalu, Bagaimana Solusi Mengatasi Pemanasan Global?

Kita bisa melakukan kegiatan-kegiatan sederhana untuk mengatasi global warming yang terjadi terhadap bumi ini. Memang hal ini tidak bisa secara langsung menghentikan pemanasan global yang ada, akan tetapi hal ini setidaknya bisa meminimalisir kejadian tersebut. Inilah beberapa aktivitas yang perlu kita lakukan untuk menjaga bumi kita:
  • Menanam pohon disekitar rumah
  • Menggunakan listrik secara wajar
  • Berjalan kaki ataupun bersepeda
  • Menggunakan transportasi umum, dll
Nah itulah beberapa hal sederhana yang patut kita lakukan sebagai upaya mengatasi pemanasan global yang terjadi. Memang benar adanya, bahwa pemanasan global adalah sebuah bencana besar yang dihadapi manusia saat ini. Inilah adalah sebuah tantangan untuk umat manusia agar menjadi satu dan selalu mencintai bumi ini.

Pemanasan Global Adalah Sebuah Bencana Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment