Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Global warming sudah sangat memprihatinkan, tapi anda bisa melalukan berbagai cara mengatasi pemanasan global. Memang cara-cara ini tidak bisa menghentikan pemanasan global secara langsung, tetapi setidaknya tindakan-tindakan ini bisa meminimalisir efek global warming yang kita rasakan saat ini. Cara-cara sederhana yang bisa anda lakukan antara lain:

Source : http://www.flickr.com/photos/thiru/2056331945/

Cara Mengatasi Pemanasan Global Di Rumah

Siapa bilang kampanye mengatasi efek pemanasan global hanya bisa dilakukan diluar rumah, kita juga bisa melakukan berbagai macam cara yang sederhana untuk mengurangi efek dari pemanasan global dari rumah kita, diantaranya:

  • Menanam Pohon dipekarangan Rumah, cara ini sangat sederhana tapi berdampak sangat besar didalam kehidupan kita. Kita bisa menanam pohon/tanaman kecil seperti cabai, tomat, strawberry, dll. Selain kita telah berpartisipasi didalam kampanye melawan global warming, kita juga berusaha untuk memperindah pekarangan rumah kita. Menanam pohon juga berarti belajar, belajar bertanggung jawab, belajar sabar, dan belajar bekerja keras. 

  • Menggunakan Energi listrik Seperlunya, Dewasa ini energi listrik telah menjadi bagian vital didalam kehidupan manusia. Akan tetapi kita harus menyadari bahwasannya energi listrik ini dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batubara dimana disisi lain menghasilkan gas karbon dioksida yang menjadi penyebab utama efek rumah kaca. Untuk itu, kita harus menghemat penggunaan energi listrik dari rumah kita.

  • Tidak Menyisakan Makanan, ini adalah salah satu bentuk kampanye lingkungan yang bisa kita lakukan didalam rumah kita. Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu jika makanan sisa (nasi, lauk pauk, buah-buahan, sayuran, dll) akan mengalami proses dekomposisi anaerobik yang juga menghasilkan gas metana dan karbondioksida. Kedua gas tersebut merupakan dua gas terbanyak yang menyebabkan terjadinya efek rumah kaca.

Source : http://www.flickr.com/photos/hhhumber/8256259616/

Baca Juga Artikel : Dampak Pemanasan Global

Cara Mengatasi Pemanasan Global Di Sekolah

Aksi-aksi yang mendukung kampanye mengantisipasi pemanasan global tidak hanya bisa dilakukan dijalanan saja, melainkan juga bisa dilakukan disekolah. Keuntungan dilakukan disekolah adalah kita mempunyai mentor (guru) yang bisa mengarahkan dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan kita. dan inilah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan disekolah sebagai aksi perlawanan terhadap global warming:
  • Membuat Taman Sekolah, berarti pula memperbanyak jumlah pohon-pohon atau tanaman-tanaman yang ada disekolah, pohon-pohon atau tanaman-tanaman tersebut berfungsi menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Dengan adanya taman disekolah, tentu lingkungannya akan menjadi indah dan sejuk. Dengan kondisi seperti itu, diharapkan kegiatan belajar mengajar disekolah akan menjadi lebih menyenangkan.
  • Berjalan Kaki ke Sekolah, jika jarak rumah dan sekolah relatif dekat, tidak ada salahnya untuk berjalan kaki ke sekolah. Berjalan kaki ke sekolah merupakan aksi sederhana untuk mengantisipasi global warming yang semakin hari semakin parah. Berjalan kaki tentu tidak menggunakan bahan bakar sehingga tidak ada karbon dioksida yang dilepaskan. Dengan berjalan kaki kita akan mendapatkan manfaat lain seperti badan sehat, tubuh lebih segar, menghemat uang, dll.

  • Menggunakan Transportasi Publik, jika jarak rumah dan sekolah jauh sebaiknya anda menggunakan transportasi publik ketimbang kendaraan pribadi. Hal ini dikarenakan transportasi publik mampu menampung jumlah penumpang yang lebih banyak ketimbang kendaraan pribadi, padahal bahan bakar yang digunakan oleh keduanya relatif sama. hal tersebut tentu menghemat bahan bakar fosil yang notabene dapat melepaskan karbon dioksida.

Source : http://www.flickr.com/photos/80651083%40N00/5142985913/

Baca Juga Artikel : Penyebab Pemanasan Global

Cara Mengatasi Pemanasan Global Di Kantor

Jika anda pegawai kantoran, anda juga bisa melakukan tindakan nyata mengurangi laju pemanasan global. Walaupun aksi-aksi ini sederhana, tapi tentu berdampak besar bagi pengurangan pemanasan global, aksi-aksi tersebut antara lain:
  • Bersepeda ke Kantor, Dewasa ini banyak sekali komunitas-komunitas sepeda, salah satunya komunitas sepeda untuk pergi ke kantor (Bike2Work). Komunitas ini sangat baik sekali karena secara tidak langsung dapat mengatasi laju global warming karena sepeda tidak menghasilkan karbon dioksida, selain itu bersepeda juga dapat menyehatkan badan, menyegarkan tubuh dan juga merupakan kegiatan yang menyenangkan.
  • Menggunakan Peralatan Kantor dengan Bijak, merupakan salah satu aksi nyata kita untuk mengatasi laju pemanasan global. Sebagian besar alat-alat kantor dijalankan dengan energi listrik, seperti komputer, notebook, printer, dll. Energi listrik dihasilkan dari bahan bakar fosil yang disisi lain juga melepaskan gas karbon dioksida ke atmosfer. Dengan kata lain, menghemat listrik di kantor berarti juga mengantisipasi meluasnya efek rumah kaca.

  • Menggunakan Peralatan Hemat Energi, inilah salah satu cara kita untuk ikut serta dalam upaya mengatasi global warming dilingkungan kantor. Jika anda berada dijajaran top management, ada baiknya jika anda membuat kebijakan penghematan listrik dikantor, salah satunya dengan menggunakan peralatan hemat energi. Jika anda seorang pegawai, ada baiknya anda memberikan masukan kepada jajaran direksi untuk melakukan penghematan listrik.
Selain cara-cara mengantisipasi pemanasan global diatas, masih banyak cara-cara lain yang bisa kita lakukan seperti ikut serta dalam komunitas-komunitas yang notabene pro kepada "Go Green" seperti komunitas berkebun Indonesia Berkebun, komunitas sepeda Bike2Work, komunitas pengguna transportasi publik Bismania, dll.


Cara Mengatasi Pemanasan Global Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment