Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Dampak Pemanasan Global

Dampak pemanasan global sudah bisa kita rasakan, walaupun ada sebagian dari kita yang belum menyadarinya. Contohnya adalah kita tidak ingin pergi keluar rumah dikarenakan suhu udara yang tinggi dan sinar matahari yang terik. Untuk itu, seharusnya kita bisa melakukan aksi-aksi sederhana untuk mengatasi laju pemanasan global yang semakin parah. Dan inilah beberapa dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global:

Dampak Pemanasan Global Bagi Manusia

Seperti yang telah dicontohkan diatas, pernahkan kita menyadari bahwa bumi ini semakin hari semakin panas? Dampak ini secara tidak kita sadari berimbas kepada diri kita, misalnya kita enggan pergi meninggalkan rumah karena tingginya suhu udara dan teriknya sinar matahari. Kita pun tentu merasakan daerah-daerah didataran tinggi seperti Bogor, Bandung dan Malang tidak "sedingin" seperti dulu. Kedua hal tersebut merupakan dampak dari global warming kepada kita umat manusia.

Source : http://www.flickr.com/photos/wyojones/galleries/72157629970515126

Pemanasan Global = Bencana Alam?

Hal ini masih sebuah perdebatan, tapi pada kenyataannya memang pemanasan global menyebabkan berbagai macam bencana alam, seperti:

  • Bumi Semakin Panas, tentu ini merupakan sebuah bencana besar karena semakin lama bumi ini semakin tidak nyaman untuk kita tempati, lalu kita mau pergi kemana? Adakah planet lain seperti bumi dahulu?

  • Meningkatnya Intensitas Badai, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pemanasan global memiliki keterkaitan yang signifikan terhadap meningkatnya intensitas badai (seperti topan dan tornado)

  • Hujan Asam, pemanasan global disebabkan karena menumpuknya berbagai macam gas diatmosfir seperti sulfur dioksidan dan nitrogen oksida. Hal ini juga bisa menyebabkan terjadinya hujan asam yang berbahaya bagi manusia.
Baca Juga Artikel : Penyebab Pemanasan Global

Dampak Pemanasan Global Bagi Lingkungan

Isu pemanasan global ini ramai diperbincangkan banyak kalangan dikarenakan akibat yang ditimbulkannya merugikan lingkungan kita, seperti:

  • Siang Hari Makin Panas Malam Hari Makin Dingin, salah satu efek global warming yang dirasakan kita saat ini, pertanyaannya apakah kita menyadari akan hal tersebut? Sadar ataupun tidak, hal ini dikarenakan lapisan ozon diatmosfir yang semakin menipis.
  • Mencairnya Glacier-glacier Di Kutub Utara Maupun Selatan, mungkin berita seperti ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita bahwa salju-salju abadi didaerah Artik (Kutub Utara), Antartika (Kutub Selatan), dan Greenland terus mencair akibat pemansan global yang terjadi saat ini.
  • Meningkatnya Tingkat Permukaan Air Laut, ini tentu ada keterkaitan dengan mencairnya es/salju didaerah kutub. Hal ini dikhawatirnya bisa menimbulkan bencana banjir didaerah pesisir pantai dan menenggelamkan sebagian besar pulau-pulau kecil, bagaimana dengan Indonesia?
  • Species Mahluk Hidup Terancam Punah, Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa pemansan global akan mengakibatkan punahnya satu juta spesies mahluk hidup dalam waktu 50-100 tahun mendatang. Ini tentu berdampak buruk bagi keanekaragaman hayati dibumi.

Source : http://www.flickr.com/photos/73315849%40N07/6617986253/

Dampak Pemanasan Global Bagi Pertanian dan Perkebunan

Sektor pertanian dan perkebunan juga mengalami dampak daripada global warming, hal ini sangat buruk karena jutaan bahkan milyaran umat manusia terancam kelaparan akibat kekurangan pasokan pangan, dan ini adalah akibat global warming terhadap sektor pertanian dan perkebunan:
  • Perubahan Pola Musim Tanam, hal ini dilakukan agar terhindar dari ancaman kekeringan dan gagal panen. Untuk itu, diperlukan strategi agar sistem irigasi dan ketersedian air bisa mendukung kegiatan pertanian dan perkebunan hingga musim panen kelak. 
  • Kekeringan, untuk anda yang berada didaerah yang dekat dengan persawahan, mungkin anda bisa melihat banyak sawah yang kering dimusim kemarau. Pemanasan global menyebabkan sawah menjadi kering dan bisa berdampak kepada gagal panen.
  • Gagal Panen, ini sangat berhubungan erat dengan kekeringan yang kita hadapi saat ini sebagai efek dari pemanasan global. Gagal panen bisa mengancam keberlangsungan hidup manusia, karena bisa menyebabkan bencana kelaparan seperti yang terjadi di Afrika.

  • Produktivitas Hasil Pertanian Menurun, Terjadinya kekeringan dan gagal panen menyebabkan produktivitas hasil pertanian menurun. Untuk itu diperlukan peran aktif semua pihak agar kita bisa meningkatkan hasil pertanian dengan menggunakan teknologi.
Baca Juga Artikel : Artikel Mengenai Pemanasan Global

Source : http://www.flickr.com/photos/worldvisionindia/6260014854/

Dampak Pemanasan Global Bagi Kesehatan

Pemanasan Global juga berdampat negatif bagi kesehatan kita. Untuk itu, kita harus berhat-hati dan senantiasa menerapkan pola hidup sehat. Dan inilah bahaya pemanasan global bagi kesehatan:

  • Penyakit Kulit, penyakit ini (contohnya kanker kulit) mungkin akan banyak diderita manusia karena sering dan terlalu lama tersengat sinar matahari.

  • Gizi Buruk dan Busung Lapar, menurunnya produktivitas pertanian akan menyebabkan banyak orang yang terkena gizi buruk dan busung lapar.

  • Alergi, ada sebuh penelitian yang mengaitkan tingginya tingkat polusi udara dan suhu bumi yang semakin panas dengan timbulnya alergi.

  • Sakit Jantung, Suhu udara semakin panas yang juga disebabkan oleh tingginya polusi udara dapat berdampat buruk kepada jantung.

Sungguh sangat mengkhawatirkan dampak-dampak pemanasan global bagi kehidupan dan lingkungan kita. Untuk itu, mari kita bersama-sama mengantisipasi agar peristiwa pemanasan global tidak menjadi semakin parah. Caranya adalah dengan melakukan hal-hal kecil seperti menanam pohon, menggunakan listrik dengan bijak, bersepeda ke sekolah, dan masih banyak lagi.

Dampak Pemanasan Global Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment