Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Pengertian, Penyebab, Serta Dampak Hujan Asam

Hujan asam merupakan peristiwa alam yang begitu mengkhawatirkan bagi umat manusia. Bagaimana tidak? dampak dari hujan asam bisa merusak sarana prasarana dan infrastruktur dimuka bumi. Tidak hanya itu, hujan asam juga bisa mengancam kehidupan umat manusia dibumi ini. Dan tulisan ini akan memuat penjelasan singkat mengenai pengertian, penyebab serta dampak hujan asam.

Hujan Asam
Source : https://www.flickr.com/photos/47260232@N04/4331119423/

Pengertian Hujan Asam

Situs online terbesar Wikipedia mengemukakan pengertian hujan asam sebagai segalam macam hujan yang tingkat keasamannya (memiliki pH) dibawah 5,6. Secara alami, hujan asam memiliki kadar keasaman (pH) sedikit dibawah 6 karena gas karbon dioksida bereaksi dengan uap air diudara dan membentuk hujan asam. Hujan semacam ini sangat baik untuk membantu melarutkan mineral-mineral.

Pengertian hujan asam sekarang sudah meluas karena melibatkan juga gas belerang (sulfur) dan nitrogen diudara yang bereaksi dengan oksigen yang membentuk sulfur dioksida dan nitrogen dioksida. Zat-zat tersebut kemudian bereaksi lagi dengan uap air dan membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang akhirnya berkondensasi membentuk awan-awan yang menjadikannya hujan asam.
Penyebab Hujan Asam

Terjadinya sebuah peristiwa tentu ada sebabnya, begitu juga dengan fenomena hujan asam. Terjadinya hujan asam dewasa ini lebih sering disebabkan oleh berbagai macam aktivitas menusia. Dan inilah beberapa penyebab hujan asam:
  • Sulfur dan nitrogen yang dihasilkan oleh industri.
  • Sulfur dan nitrogen yang dihasilkan oleh pembangkit listrik.
  • Sulfur dan nitrogen yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.
  • Amonia yang dihasilkan oleh kegiatan pertanian.
Dampak Hujan Asam

Kejadian hujan asam memberikan dampak yang merugikan bagi bumi dan kehidupan yang ada didalamnya. Dan inilah beberapa dampak hujan asam yang mengancam bumi serta kehidupan umat manusia, silahkan disimak baik-baik.
  • Menyebabkan gangguan pernapasan pada manusia.
  • Menyebabkan korosi pada bangunan-bangunan.
  • Menyebabkan tumbuhan kering, layu dan mati.
  • Merusak ekosistem perairan.
  • Merusak sarana prasarana (infrastruktur) dibumi.
Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian, penyebab, dan dampak hujan asam. Dari pembahasan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa terjadinya hujan asam lebih dikarenakan aktivitas manusia dan kita bisa mengubah gaya hidup kita yang bisa menyebakan terjadinya hujan asam, misalnya dengan bersepeda ke sekolah atau menggunakan kendaraan umum ke kantor.

Pengertian, Penyebab, Serta Dampak Hujan Asam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment