Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Proses Terjadinya Global Warming Serta Dampaknya

Banyak orang yang tahu tentang global warming karena isu ini ramai diperbincangkan beberapa tahun belakangan ini, tapi apakah kita tahu bagaiman proses terjadinya global warming? Ini merupakan suatu pertanyaan yang sering dikemukakan diberbagai pertemuan seperti di kelas, perkuliahan, dan lain-lain. Dan tulisan ini akan menjelaskan secara singkat mengenai proses terjadinya global warming serta dampaknya bagi kehidupan dimuka bumi.

Global Warming
Source : https://www.flickr.com/photos/wheatfields/4688140998/

Penyebab Utama Terjadinya Global Warming

Global warming merupakan suatu fenomena meningkatnya suhu rata-rata dipermukaan bumi baik didarat maupun dilaut. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa bumi ini telah mengalami peningkatan suhu hampir satu derajat celcius dan 2/3 peningkatan tersebut terjadi setelah tahun 1980-an. So, apa yang menjadi sebab utama terjadinya global warming, dan inilah beberapa penyebab utama terjadinya global warming:
  • Efek rumah kaca, ini terjadi karena meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida dan gas-gas berbahaya lainnya disekitar atmosfer bumi.
  • Penggunaan Chloro Flouro Carbon atau yang biasa dikenal dengan istilah CFC, sering dijumpai pada alat-alat pendingan seperti kulkas dan AC.
  • Gas-gas berbahaya seperti karbon dioksida, gas karbon dioksida yang ada di atmosfer mayoritas dihasilkan oleh pabrik dan kendaraan bermotor.

Proses Terjadinya Global Warming

Proses dimulai dari cahaya matahari yang menyinari bumi, sebagian panas diserap oleh bumi dan sebagian lagi dikembalikan ke angkasa (atmosfer). Sinar matahari yang dikembalikan ke angkasa terperangkap oleh gas-gas yang ada di atmosfer seperti gas karbon dioksida, sulfur dioksida, metana, uap air dan lain sebagainya yang mana peristiwa ini dimanakan efek rumah kaca.

Radiasi sinar matahari di atmosfer bumi menyebabkan lapisan ozon semakin menipis dan ini membuat sinar matahari yang menyinari bumi semakin panas. Efek rumah kaca juga menyebabkan sinar matahari yang kembali ke angkasa dipantulkan ke bumi. Hal ini yang menyebabkan bumi semakin lama semakin panas. Dan seperti itulah proses terjadinya global warming.

Dampak Dari Peristiwa Global Warming

Global warming memberikan dampak yang luar biasa mengerikan bagi kehidupan dimuka bumi. Untuk itu kita harus turut berpartisipasi dalam aksi mengantisipasi laju global warming yang semakin buruk. Dan inilah beberapa dampak dari global warming bagi kehidupan dimuka bumi ini:
  • Semakin hari bumi semakin panas dan tidak nyaman untuk ditempati.
  • Terjadinya anomali, siang hari semakin panas, malam hari semakin dingin.
  • Mengingkatnya permukaan air laut yang bisa menyebabkan banjir.
  • Diperkirakan ada banyak pulau-pulau kecil disekitar khatulistiwa tenggelam.
  • Intensitas terjadinya angin topan dan badai meningkat.
  • Bencana kekeringan, gagal panen dan menurunnya produksi pertanian.
  • Kelaparan, gizi buruk, dan berbagai wabah penyakit lainnya/
  • Diperkirakan satu juta species mahluk hidup punah.
Artikel Lainnya : Stop Global Warming

Nah itulah pembahasan singkat mengenai proses terjadinya global warming serta dampaknya yang mengerikan bagi kehidupan dibumi ini. Semoga tulisan ini menyadarkan kita bahwa global warming merupakan sebuah bencana besar bagi bumi dan kita turut andil dalam upaya mengatasi laju global warming.


Proses Terjadinya Global Warming Serta Dampaknya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment