Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Berbagai Cara Pencegahan Global Warming

Sebenarnya kita bisa melakukan pencegahan global warming dengan cara-cara yang relatif sederhana seperti menanam pohon. Pohon sangat penting dalam mengurangi laju pemanasan global karena dapat menyerap gas emisi karbon dioksida yang ada diudara. Mau tahu bagaimana cara-cara pencegahan global warming lainnya, simak penjelasan singkatnya dibawah ini:

Source : https://www.flickr.com/photos/functoruser/2271647729/
  • Menggunakan listrik secara wajar
Listrik dihasilkan dari bahan bakar fosil yang notabene mengeluarkan gas karbon dioksida, sehingga apabila kita menggunakan listrik secara wajar (seminimal mungkin) berarti kita turut serta dalam mengurangi jumlah gas karbon dioksida.
  • Menggunakan alat-alat hemat energi.
Saat ini banyak sekali alat-alat hemat energi, contohnya adalah lampu bohlam. Walaupun harganya sedikit mahal tentunya ini akan menghemat energi listrik yang kita gunakan, artinya kita turut serta mengurangi gas emisi karbon dioksida.
  • Bersepeda
Bersepeda merupakan langkah pencegahan global warming yang terbilang efektif, hal ini dikarenakan sepeda tidak mengeluarkan gas emisi seperti halnya kendaraan bermotor. Selain itu, bersepeda juga dapat menyehatkan badan kita.

Baca Juga : Proses Terjadinya Global Warming
  • Menggunakan kendaraan umum.
Sebenarnya kendaraan umum sama halnya dengan kendaraan pribadi yang sama juga mengelurkan gas emisi karbon dioksida, tetapi kendaraan umum bisa mengangkut lebih banyak penumpang. Jadi, ini akan menghemat bahan bakar.
  • Menghemat penggunaan kertas
Menghemat penggunaan kertas adalah cara lain dalam pencegahan global warming. Hal ini dikarenakan bahan bakar pembuat kertas adalah kayu dari pohon-pohon dihutan yang notabene bisa menyerap gas emisi karbon dioksida diudara.
  • Tidak menggunakan plastik.
Perlu diketahui bersama, bahwa hampir semua plastik menghasilkan gas yang berbahaya ketika dibakar dan ini dapat menjadi sebab terjadinya fenomena eek rumah kaca yang merupakan penyebab utama terjadinya global warming dibumi.
  • Sosialisasi
Cara pencegahan global warming lainnya yang tidak kalah penting adalah memberikan sosialisasi misalnya dengan cara menyebarkan informasi ini kepada orang-orang sekitar anda agar mereka berperan dalam upaya menyelamatkan bumi.

Artikel Lainnya : Seputar Global Warming

Nah itulah tujuh cara yang bisa kita lakukan untuk pencegahan global warming, sederhana bukan? So, untuk itu kita bisa melakukannya mulai dari diri kita sendiri, mulai dari hal terkecil, dan mulai dari sekarang. Semoga tulisan ini bisa memberikan informasi kepada anda seputar pencegahan global warming.

Berbagai Cara Pencegahan Global Warming Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment