Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Mengenali Berbagai Dampak Global Warming

Dampak global warming begitu luar biasa mengerikan, fenomena ini tidak hanya mengancam umat manusia tetapi juga seluruh mahluk hidup yang ada dimuka bumi ini. Untuk itu kita harus mengetahuinya, agar kita tidak berbuat seenaknya lagi terhadap lingkungan yang bisa menjadi sebab global warming. Dan inilah beberapa dampak global warming yang menerpa bumi kita:

Source : https://www.flickr.com/photos/genna_s/4009825218/
  • Meningkatnya Permukaan Air Laut
Global warming berdampak kepada mencairnya es-es atau salju-salju abadi didaerah Kutub (Arktik, Antartika, dan Greenland). Hal ini menjadi sebab meningkatnya permukaan air laut khususnya didaerah sekitar khatulistiwa seperti di Maladewa (Asia Selatan) dan Indonesia. Meningkatnya permukaan air laut bisa menyebabkan banjir dan tsunami didaerah pesisir pantai.
  • Meningkatnya Intensitas Terjadinya Badai
Salah satu dampak global warming yang mengerikan adalah meningkatnya intensitas terjadinya badai. Para ilmuwan membuktikan bahwa global warming secara signifikan mempengaruhi terjadinya peningkatan intensitas badai. Fenomena ini diperkirakan dimulai dari tahun 1981 dan hal ini diperkirakan didorong oleh meningkatnya suhu air laut yang sulit mengalami penurunan dalam waktu dekat.

Baca Juga : Mengatasi Global Warming
  • Kekeringan dan Gagal Panen
Global warming memiliki dampak yang paling parah pada pasokan air, padahal air merupakan salah satu faktor penting disektor pertanian. Jika hal ini tidak segera dibenahi, maka akan mengancam produksi pangan dengan peristiwa seperti kekeringan dan gagal panen. Selain itu terjadinya kekeringan juga bisa berdampak kepada buruknya sanitasi, menghambat pembangunan, dan kerusakan ekosistem.
  • Punahnya Species-species Mahluk Hidup
Penelitian terakhir mengemukakan bahwa dampak global warming dapat menyebabkan kepunahan lebih dari satu juta species mahluk hidup dimuka bumi ini. Kejadian ini bisa terjadi dalam kurun waktu 50-100 tahun jika global warming tidak bisa dikendalikan. Jika ini terjadi, jelas akan berdampak buruk bagi kehidupan dunia karena akan merusak rantai makanan yang sudah ada.

Artikel Lainnya : Pencegahan Global Warming

Nah itulah berbagai dampak global warming yang begitu mengerikan. Untuk itu, maka sudah seharusnya kita ikut berpartisipasi dalam upaya mengurangi laju pemanasan global dengan cara-cara yang relatif sederhana seperti menanam pohon, bersepeda, menggunakan kendaraan umum, dan lain-lain. Semoga tulisan ini bisa menambah pengetahun anda seputar dampak global warming.

Mengenali Berbagai Dampak Global Warming Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment