Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Penyebab Pemanasan Global

Ada beberapa penyebab pemanasan global, tapi yang paling utama adalah terjadinya peristiwa efek rumah kaca di atmosfer bumi. Efek rumah kaca adalah menumpuknya gas-gas di atmosfir seperti karbon dioksida, metana, surfur dioksida, dan uap air yang menyerap dan memantulkan kembali pantulan sinar matahari dari bumi. Hal ini membuat suhu permukaan bumi semakin lama semakin panas, hal ini yang dinamakan pemanasan global. Dan inilah adalah beberapa penyebab terjadinya pemanasan global:

Source : http://www.flickr.com/photos/tylerrayne/3003014321/

Salah Satu Penyebab Pemanasan Global Adalah CFC

Salah satu penyebab yang membuat semakin lama bumi ini semakin panas adalah menipisnya lapisan ozon di atmosfir bumi, hal ini membuat sinar matahari yang menyinari bumi tidak "difilter" terlebih dahulu. Selain membuat bumi semakin panas, hal tersebut juga berbahaya bagi kehidupan manusia.

CFC (ChloroFlouroCarbons) merupakan zat kimia yang biasa kita jumpai pada kulkas dan AC. Zat kimia ini bisa naik ke atmosfir bumi dan merusak lapisan ozon. Ini tentu tidak baik bagi bumi dan kehidupan kita, untuk itu sudah seharusnya kita menggunakan peralatan rumah (AC dan kulkas) sebijak mungkin.
Baca Juga Artikel : Artikel Seputar Pemanasan Global

Source : http://www.flickr.com/photos/oxfameastafrica/7831679522/

Penyebab Pemanasan Global Oleh Manusia

Mungkin saja kita sebagai manusia yang menjadi penyebab terjadinya pemanasan global, pekerjaan-pekerjaan yang kita lakukan selama ini secara tidak kita sadari malah berdampak buruk terhadap global warming. Untuk itu, sudah seharusnya kita mengetahui beberapa penyebab global warming yang bisa dilakukan oleh manusia:

  • Pemborosan Energi Listrik, salah satu faktor yang menyebabkan bumi ini semakin panas adalah penggunaan energi listrik yang berlebihan. Kadang kita secara tidak sadar menggunakan energi listrik dengan boros (misalnya menyalakan lampu terus menerus, televisi terus menyala padahal tidak ditonton). Hal tersebut tidak baik karena energi listrik yang kita gunakan bersumberkan dari minyak bumi dan batubara dimana proses pembakarannya juga menghasilkan karbon dioksida yang bisa menyebabkan global warming.

  • Penggunaan AC dan Kulkas Secara Berlebihan, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa AC dan Kulkas yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari mengandung zak kimi yang bernama CFC (ChloroFlouroCarbons). Senyawa CFC ini dapat melayang ke atmosfir bumi dan merusak lapisan ozon. Tentu hal ini merupakan berita yang tidak baik karena dapat merugikan kita. Sinar matahari yang tidak "difilter" terlebih dahulu akan terasa lebih panas, selain itu hal ini juga bisa menyebabkan efek samping seperti penyakit kulit.
  • Lebih Senang Menggunakan Kendaraan Bermotor, Dewasa ini orang tentu memilih untuk menggunakan sesuatu (teknologi) agar mempermudah urusan mereka, termasuk menggunakan kendaraan bermotor. Akan tetapi seharusnya kita bisa bijak menggunakan kendaraan bermotor, jangan sampai untuk bepergian yang jaraknya dekat (seperti minimart depan komplek) kita tetap menggunakan kendaraan bermotor. Pilihlah alternatif-alternatif lain yang lebih "Go Green" seperti berjalan kaki ataupun bersepeda.
  • Penggunaan Gadget Secara Berlebihan, Saat ini memang manusia tidak bisa lepas dari gadget (komputer, laptop, handphone, dll). Tidak salah memang jika kita menggunakan gadget untuk mempermudah pekerjaan kita, akan tetapi sebaiknya kita menggunakan gadget-gadget tersebut secara wajar. Menggunakan gadget secara wajar berarti kita turut mendukung program penghematan listrik yang dicanangkan Pemerintah saat ini. Menghemat listrik berarti kita berusaha untuk mengantisipasi agar global warming tidak semakin parah.
  • Membakar Sampah, tahukan anda kalau membakar sampah menjadi penyebab pemanasan global? Ini adalah sebuah kenyataan dan banyak orang yang tidak menyadari akan hal tersebut. Sampah yang terbakar berupa gas metana akan melayang keudara dan menumpuk di atmosfir bumi. Hal tersebut tentu akan berdampak buruk karena dapat menyebabkan efek rumah kaca. Gas metana tersebut berkumpul dengan gas-gas lainnya seperti karbon dioksida, sulfur dioksida, dan uap air yang menjadi perangkap gelombang radiasi sinar matahari.
  • Menyisakan Makanan, mungkin ini tidak anda ketahui sebelumnya, tapi faktanya adalah benar bahwa menyisakan makanan secara tidak langsung berimplikasi terhapad pemanasan global yang lebih parah. Makanan-makanan yang disisakan (makanan sisa) seperti nasi, lauk-pauk, buah-buahan, dan sayur-sayuran akan mengalami dekomposisi anaerobik dimana proses tersebut akan menghasilkan gas metana. Sudah kita ketahui bersama bahwa gas metana merupakan salah satu penyebab efek rumah kaca yang berdampak kepada pemanasan global.
Baca Juga Artikel : Dampak Pemanasan Global


Source : www.flickr.com/groups/1244929%40N21/

Penyebab Utama Pemanasan Global

Penyebab-penyebab pemanasan global oleh manusia yang telah dibahas sebelumnya hanyalah sebagian kecilnya saja, beberapa penyebab utama terjadinya global warming dibumi kita adalah sebagai berikut:

  • Polusi Karbon Dioksida oleh Industri, Semakin hari jumlah industri semakin banyak, tentu ini positif untuk perekonomian. Akan tetapi disisi lain hal ini kurang bersahabat kepada bumi yang kita tinggali ini. Sebagian besar industri yang ada saat ini membuang gas emisi yang berupa karbon dioksida keudara yang akhirnya akan berkumpul di atmosfir bumi. Hal ini yang menyebabkan terjadinya peristiwa efek rumah kaca yang membuat bumi kita semakin hari semakin panas (menjadi semakin tidak nyaman untuk ditinggali).

  • Polusi Karbon Dioksida oleh Transportasi, Jumlah pemilik kendaraan bermotor semakin hari semakin banyak. Disatu sisi hal ini menunjukan geliat perekonomian yang positif, akan tetapi disisi lain hal ini akan semakin merusak bumi kita. Bagaimana bisa? Ya, seluruh kendaraan (transportasi) mengeluarkan sisa pembakaran bahan bakar fosil (premium, solar, dll) yang berupa karbon dioksida keudara, hal ini yang menjadi penyebab terjadinya efek rumah kaca yang berdampak langsung terhadap global warming.

  • Polusi Metana oleh Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan, Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa kegiatan-kegiatan disektor Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan juga bisa menyebabkan terjadinya pemanasan global. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Salah satu penyebab pemanasan global adalah efek rumah kaca dimana berkumpulnya berbagai macam gas di atmosfir termasuk metana. Gas metana yang dilepaskan ke atmosfir bumi bisa berasal dari sawah, ladang, kebun, maupun hewan ternak seperti sapi.

  • Penggunaan Pupuk Kimia yang Tidak Wajar, Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, tidak jarang para petani menggunakan pupuk kimia secara berlebihan, padahal hal tersebut tidak baik untuk tanaman mereka. Selain itu, hal tersebut juga bisa menyebabkan terjadinya pemanasan global. Mengapa bisa seperti itu? Ya, karena bahan utama pembuatan pupuk adalah nitrogen oksida, yang jauh lebih kuat ketimbang karbon dioksida sebagai perangkap panas. Untuk itu, diharapkan para petani kita bisa menggunakan pupuk secara proporsional.

  • Kerusakan Hutan, Semakin hari hutan kita semakin rusak, hal ini dikarenakan maraknya penebangan liar. Rusaknya hutan membuat kondisi bumi semakin buruk. Salah satu fungsi hutan adalah menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan udara segar berupa oksigen. Apa jadinya jika hutan kita rusak? Sudah bisa ditebak, jumlah karbon dioksida yang diserap oleh hutan semakin sedikit, sehingga semakin banyak gas tersebut yang terbang dan berkumpul di atmosfir. Hal ini yang menimbulkan terjadinya efek rumah kaca.

  • Pembakaran Sampah Secara Masal, Sampah merupakan sebuah polemik besar dinegeri ini, kita masih belum bisa memanage sampah agar bisa menghasilkan value. Sebagian besar sampah-sampah yang dibuang masyarakat dikumpulkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) kemudian dibakar secara masal. Perlu diketahui bersama, bahwa sampah-sampah yang dibakar akan menghasilakann gas metana yang akan melayang ke atmosfir bumi. Hal ini bisa menimbulkan peristiwa efek rumah kaca yang menjadi penyebab utama global warming.

Baca Juga Artikel : Akibat Pemanasan Global

Itu adalah pembahasan mengenai penyebab pemanasan global yang bisa jadi secara tak sadar kita sendiri berkontribusi terhadap terjadinya global warming yang semakin parah. Untuk itu, mari kita bersama-sama mengantisipasi pemanasan global yang berkelanjutan dengan melakukan tindakan-tindakan sederhana seperti menggunakan listrik seperlunya, bersepeda ke sekolah, menggunakan transportasi umum ke kantor, dan masih banyak lagi.

Penyebab Pemanasan Global Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment