Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Akibat Pemanasan Global

Akibat pemanasan global sudah memasuki level sangat mengkhawatirkan, bukan saja mengancam populasi umat manusia, melainkan juga seluruh mahluk hidup penghuni bumi ini. Contoh kecilnya saja, pernahkah kita merasakan siang hari yang begitu panas, sehingga kita enggan pergi meninggalkan rumah? Atau pernahkah kita merasakan malam hari begitu dingin sehingga kita menggunakan selimut ketika tidur? itu merupakan efek yang ditimbulkan dari peristiwa pemanasan global saat ini, selain itu masih ada banyak lagi akibat pemanasan global, diantaranya sebagai berikut: 

Source : http://www.flickr.com/photos/67627649%40N03/6155055595/in/photostream/

Akibat Pemanasan Global Bagi Kehidupan Di Bumi

Pemanasan global mengancam kelangsungan hidup umat manusia, berbagai macam musibah seperti kekeringan, gagal panen, dan kelaparan bisa saja datang sewaktu-waktu. Saat ini pun kita sudah mendapati musibah-musibah tersebut, tak jarang media-media (baik cetak maupun elektronik) memberitakannya. kekeringan disentra-sentra pertanian, gagal panen yang disebabkan oleh kekurangan air, dan juga musibah kelaparan yang melanda kawasan Afrika merupakan kejadian-kejadian yang saat ini marak diberitakan. Semua itu adalah dampak pemanasan global yang mengancam kehidupan di bumi ini.

Selain berakibat kepada populasi umat manusia, global warming juga mengancam keanekaragaman hayati makluk hidup. Berdasarkan penelitian yang telah dipublikasikan oleh National Geographic, menyebutkan bahwa ditahun 2050 mendatang satu juta species mahluk hidup terancam punah. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi atau yang biasa disebut dengan pemanasan global. Berarti ditahun-tahun mendatang keanekaragaman hayati mahluk hidup akan semakin berkurang, tentu hal ini tidak baik untuk kehidupan karena akan mengacaukan rantai makanan yang sudah ada.

Baca Juga Artikel : Makalah Seputar Pemanasan Global
Source : Source : http://www.flickr.com/photos/roger/160819601/

Akibat Pemanasan Global Terhadap Kehidupan Manusia

Pemanasan global akan berdampak buruk pada sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan, padahal sektor ini sangatlah vital sebagai sumber pangan umat manusia. Kekeringan dan gagal panen menjadi penyebab utama menurunnya produksi dari sektor pertanian dan perkebunan. Begitu pula dengan sektor peternakan, tidak sedikit hewan ternak yang mati akibat kekeringan dan tak bisa beradaptasi dengan bumi yang semakin hari semakin panas. Hal ini jelas mengancam keberadaan umat manusia dimuka bumi. Untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan pengembangan teknologi yang berkelanjutan.

Selain itu, pemanasan global juga dapat menyebabkan terjadinya kelaparan dan gizi buruk, hal ini sangat erat kaitannya dengan terjadinya kekeringan dan gagal panen. Peristiwa tersebut tentu sudah tak asing terdengar di telinga kita karena sering sekali diberitakan diberbagai media, salah satunya adalah meningkatnya jumlah kelaparan dan gizi buruk diberbagai negara di Afrika. Hal ini sudah sangat memprihatinkan, bisa jadi kejadian ini merambah kebenua-benua lainnya. Untuk itu diperlukan kepedulian semua pihak, agar permasalahan kelaparan dan gizi buruk global ini bisa segera diatasi.

Kehidupan manusia akan semakin terancam dengan kemungkinan timbulnya berbagai macam penyakit yang disebabkan akibat pemanasan global ini. Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini lapisan ozon di atmosfir semakin menipis, sehingga membuat sinar ultraviolet yang menyinari bumi tidak "difilter" terlebih dahulu. Hal ini membuat sinar matahari menjadi semakin terik (panas) dan tentunya berbahaya bagi manusia, salah satunya dapat menyebabkan penyakit kulit. Pemanasan global yang disebabkan oleh polusi karbon dioksida juga bisa menyebabkan penyakit saluran pernapasan.

Baca Juga Artikel : Pemanasan Global Adalah Bencana Besar

Source : http://www.flickr.com/photos/digicana/9089263934/

Bencana Akibat Pemanasan Global

Pemanasan global menyebabkan tumpukan es abadi di Kutub (baik Kutub Utara maupun Kutub Selatan) mencair sehingga meningkatkan permukaan air laut. Hal ini tentu akan menyebabkan bencana banjir rob didaerah-daerah pesisir, seperti Kota Jakarta dan Semarang. Selain itu, meningkatnya permukaan air laut juga bisa berdampak kepada hilangnya pulau-pulau kecil. Ini tentu merugikan negara-negara kepulauan, seperti Indonesia, yang akan kehilangan pulau-pulau kecilnya. Para ilmuwan menyatakan bahwa kenaikan suhu udara 2 derajat celcius akan menenggelamkan pulau-pulau kecil.

Pemanasan global juga bisa menyebabkan meningkatnya intensitas badai. Para ilmuwan menyatakan bahwa memang tidak ada hubungan antara pemanasan global dengan terjadinya badai, akan tetapi pemanasan global bisa meningkatkan intensitas badai yang terjadi. Pemanasan global menyebabkan naiknya temperatur udara dan lautan, hal ini mengakibatkan terjadinya peningkatan kecepatan angin yang dapat memicu terjadinya badai. Para ilmuwan tersebut telah meneliti potensi badai yang semakin destruktif selama kurun waktu 35 tahun belakangan ini.

Bencana alam lainnya yang disebabkan oleh pemanasan global adalah hujan asam. Hujan asam adalah hujan yang bersifat asam dengan pH antara 5,6 - 6,2 karena kandungan gas karbon dioksida yang larut dengan air (asam yang ada dalam hujan asam disebut dengan asam kuat). Hujan asam dapat mengarah kepada kehancuran alam seperti menyebabkan ganguan pernapasan pada manusia, menyebabkan korosi dan merusak bangunan, membuat tumbuhan menjadi kering, layu dan mati, serta merusak ekosistem perairan, dan masih banyak lagi kerusakan-kerusakan alam lainnya.

Baca Juga Artikel :

Pembahasan diatas adalah tentang akibat pemanasan global yang terjadi saat ini. Hal ini sunggu sangat mengkhawatirkan, Untuk itu diharapkan peran aktif semua pihak untuk dapat mengantisipasi bencana pemanasan global ini. hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengatasi global warming yang lebih parah adalah dengan menggunakan energi listri secara wajar, menanam pohon, bersepeda ke sekolah, dan masih banyak lagi.

Akibat Pemanasan Global Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment