Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Penyebab Kebakaran Hutan Serta Dampaknya Bagi Kehidupan

Ketahuilah bahwa kebakaran hutan merupakan faktor utama penyebab kerusakan hutan di Indonesia, dan setiap tahunnya puluhan bahkan ratusan ribu hektar hutan di Indonesia terbakar. Ini merupakan suatu kerugian yang begitu besar bagi Indonesia mengingat kita tidak bisa memanfaatkan hutan yang terbakar tersebut. Dan inilah pembahasan mengenai penyebab dan dampak kebakaran hutan.

Source : https://www.flickr.com/photos/pldove/6086616723/

Penyebab Kebakaran Hutan

1. Aktivitas Vulkanis

Salah satu penyebab kebakaran hutan adalah karena aktivitas vulkanis dari gunung berapi seperti hutan yang terbakar karena terkena aliran lahar atau hawa panas (wedus gembel) letusan gunung merapi. Berdasarkan pengalaman yang ada kebakaran seperti ini sulit untuk diantisipasi, tetapi mungkin bisa diminimaliasir.

2. Sambaran Petir

Sambaran petir juga bisa menjadi sebab terjadinya kebakaran hutan, terlebih ketika musim kemarau. Kita semua tahu bahwa musim kemarau hutan-hutan akan menjadi kering dan keringnya hutan ini akan memudahnya terjadinya kebakaran ketika petir datang menyambar. Hal ini bisa diminimalisir dengan menyiramnya.

3. Ulah Tangan Manusia

Salah satu yang menyebabkan terbakarnya hutan adalah karena ulah tangan manusia seperti membersihkan lahan pertanian, membuka lahan pertanian bahkan hingga tindakan vandalisme dari segelintir atau sekelompok orang. Tindakan-tindakan seperti ini harus segera dihentikan dengan sosialiasi kepada masyarakat.

4. Kecerobohan Manusia

Kebakaran hutan yang disebabkan manusia tidak hanya yang sifanya disengaja seperti yang telah dijelaskan pada no 3 sebelumnya, melainkan juga karena ketidaksengajaan atau kecerobohan manusia. Tindakan dari kecerobohan manusia tersebut antara lain membuang puntung rokok dan lupa mematikan api ungun.
Dampak Kebakaran Hutan

Dampak kebakaran hutan tentulah merugikan bagi kehidupan, oleh sebab itu kita harus berusaha agar hutan tidak terbakar dan senantiasa lestari. Dan inilah beberapa point dampak kebakaran hutan bagi kehidupan dimuka bumi.
  1. Menghasilkan gas emisi garbon dioksida penyebab utama global warming.
  2. Mematikan berbagai jenis flora dan fauna yang ada didalam hutan tersebut.
  3. Dapat menyebabkan banjir (musim hujan) dan kekeringan (musim kemarau).
  4. Kekeringan yang terjadi bisa menyebabkan gagal panen dan kelaparan.
  5. Kekeringan juga bisa menyebabkan tidak beroperasinya PLTA.
  6. Hilangnya potensi keuntungan yang digunakan sebagai sumber pendapatan.
  7. Bisa menyebabkan semakin banyaknya orang-orang yang menderita ISPA.
  8. Dapat merusak sarana dan prasarana seperti banguna, rumah, mobil, dll.
  9. Menyebabkan gangguan dalam pekerjaan seperti penundaan penerbangan.
Nah itulah pembahasan singkat mengenai penyebab kebakaran hutan serta dampaknya bagi kehidupan dimuka bumi ini. Setelah membaca tulisan diatas tentu kita mengetahui bahwa kehadiran hutan dalam kehidupan ini amatlah penting sehingga kita harus menjaga dan melindunginya dari kebakaran hutan. Semoga tulisan yang singkat ini bisa bermanfaat untuk kamu-kamu semua.

Penyebab Kebakaran Hutan Serta Dampaknya Bagi Kehidupan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

1 comments: