Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Pengertian Perubahan Iklim Menurut Para Ahlinya

Secara umum perubahan iklim dapat diartikan sebagai kondisi dimana iklim yang ada dibumi ini sedang mengalami proses perubahan seperti temperatur udara yang semakin lama semakin panas, periode terjadinya hujan yang berubah, intensitas terjadinya badai yang semakin sering dan masih banyak lagi. Berbagai organisasi yang berkompeten telah mendefinisikan arti dari perubahan iklim itu sendiri, dan inilah berbagai pengertian perubahan iklim menurut ahlinya, silahkan disimak baik-baik.

Perubahan Iklim
Source : https://www.flickr.com/photos/undpeuropeandcis/4444871307/

Pengertian perubahan iklim menurut situs ensiklopedia online terbesar Wikipedia adalah perubahan signifikan yang terjadi pada saat ini mengenai pola cuaca yang dihitung berdasarkan angka statistik dalam jangka waktu tertentu dalam kurun waktu puluhan hingga jutaan tahun. Perubahan iklim ini terjadi oleh banyak faktor seperti proses biologis, radiasi sinar matahari, tekanan tektonik, erupsi gunung merapi, tingkah laku manusia yang menyebabkan terjadinya pemanasan global, dan masih banyak lagi.

Definisi perubahan iklim menurut Enviromental Protection Agency (Amerika Serikat) adalah perubahan iklim secara signifikan yang terjadi pada periode tertentu. Dengan kata lain, perubahan iklim juga termasuk perubahan suhu yang drastis, curah hujan, pola angin, dan perubahan-perubahan lainnya yang terjadi dalam kurun waktu tertentu. Pemanasan global juga merupakan salah satu faktor terciptanya perubahan iklim, dalam kurun waktu 100 tahun ini bumi semakin panas satu derajat celcius.
Pengertian perubahan iklim menurut situs Pemerintah Kanada adalah perubahan kondisi cuaca dalam kurun waktu yang relatif panjang didalam temperatur/suhu, curah hujan, angin dan juga indikasi-indikasi lainnya. Perubahan iklim termasuk juga perubahan kondisi rata-rata (yang umumnya terjadi) atau perubahan didalam variabelnya misalnya seperti kejadian-kejadian ekstrem. Kejadian-kejadian luar bisa tersebut mungkin tidak ada sebelumnya dan kondisi alam terkinilah yang menyebabkan semua itu terjadi.

Definisi perubahan iklim menurut situs Pemerintah Victoria, Australia adalah berubahnya iklim yang ada dibumi ini dalam satu abad kebelakang ini. Meningkatnya suhu / temperatur udara dibumi ini merupakan bukti kuat dan nyata bahwa iklim di bumi ini sedang dalam perubahan. Sama halnya dengan pemanasan global, perubahan iklim juga merupakan isu yang sedang hangat diperbincangkan saat ini. Perubahan iklim berpotensi mempengaruhi lingkungan, komunitas dan juga ekonomi kita.

Pengertian perubahan iklim menurut situs terkemuka ecolife.com adalah perubahan pola iklim dalam jangka waktu yang relatif lama dalam lingkup regional ataupun global. Global warming merupakan salah satu aspek yang menyebabkan perubahan iklim, global warming sendiri berarti meningkatnya suhu rata-rata dipermukaan bumi. Aspek-aspek lainnya yang menjadi penyebab terjadinya perubahan iklim adalah perubahan cuaca, curah hujan, kelembapan udara, sinar UV dan masih banyak lagi.

Pengertian Perubahan Iklim Menurut Para Ahlinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment