Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Cara Sederhana Mengatasi Global Warming

Sebenarnya ada cara-cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk ikut serta mengatasi problematika global warming yang sedang terjadi saat ini. Kita semua tahu bahwa saat ini bumi sedang dalam keadaan pemanasan global dan ini pertanda buruk bagi kita. Pemanasan global bisa menyebabkan berbagai macam bencana yang mengerikan seperti kekeringan, kelaparan, badai, banjir, tsunami, dan masih banyak lagi. Dan inilah cara-cara sederhana mangatasi global warming yang bisa kita lakukan: 

Source : https://www.flickr.com/photos/wwworks/4975471255/

1. Menanam Pohon

Ya, menanam pohon merupakan cara efektif untuk menanggulangi laju pemanasan global yang terjadi saat ini. Kita bisa memulainya dengan menanam pohon dipekarang rumah atau ikut dalam gerakan menanam pohon yang biasanya diadakan oleh organisasi-organisasi tertentu. Selain turut dapat mengatasi pemanasan global, menanam pohon juga membuat lingkungan menjadi lebih hijau dan asri.

2. Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu cara untuk mengatasi global warming, kita bisa melakukannya ketika pergi ke kantor atau sekolah. Manfaat lain yang didapat dari bersepeda ini membuat badan kita menjadi sehat dan kuat. Jadi dengan bersepeda kita seperti menjalankan pepatah "Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui" artinya dengan bersepeda badan menjadi sehat dan lingkungan menjadi indah.

Baca Juga : Penyebab Global Warming
3. Menggunakan Kendaraan Umum

Mengunakan kendaraan umum juga berarti kita turut serta dalam upaya mengatasi laju pemanasan global. Cara ini dinilai jauh lebih baik ketimbang menggunakan kendaraan pribadi, hal ini dikarenakan kendaraan umum dapat memuat atau membawa orang lebih banyak ketimbang kendaraan pribadi. Hal ini bisa mengurangi emisi gas karbon hingga 80-90% ketimbang emisi kendaraan pribadi.

4. Menggunakan Listrik Secara Wajar

Gerakan hemat listrik atau menggunakan listrik secara wajar merupakan aksi nyata menanggulangi global warming. Menggunakan listrik seperlunya berari kita turut mengurangi emisi gas karbon yang menyebabkan pemanasan global, kita tahu bahwa sekitar 60-70% listrik kita dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil yang mengeluarkan emisi gas karbon. So, mari kita menggunakan listrik sewajarnya. 

5. Menggunakan Gadget Seperlunya

Jika kamu pengguna gadget, tentu baiknya kamu gunakan gadget itu secara wajar. Hal ini merupakan bentuk cinta kita kepada lingkungan dan usaha mengurangi laju pemanasna global. Gadget kita dijalankan dengan tenaga listrik yang notabene dihasilkan pembakaran bahan bakar fosil yang menyebabkan emisi gas karbon penyebab global warming. So, mari kita gunakan gadget kita seperlunya saja.

Artikel Lainnya : Pengertian Global Warming 

6. Menggunakan Kertas Secara Wajar

Menggunakan kertas secara wajar merupakan bentuk cinta kepada lingkungan dan cara yang relatif simple untuk mengatasi pemanasan global. Hal ini dikarenakan kertas dibuat dari kayu pohon yang ada dihutan-hutan kita. Mengurangi jumlah pemakaian kertas berarti mengurangi laju penebangan pohon-pohon dihutan. Pohon berfungsi sebagai penghasil oksigen dan menyaring emisi gas karbon.

Cara Sederhana Mengatasi Global Warming Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment