Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Berbagai Penyebab Global Warming

Global warming merupakan isu yang sedang dihadapi dunia saat ini yang ramai diperbincangkan. Bagaimana tidak? Gobal warming ini dapat memberikan dampak negatif kepada bumi dan kehidupan yang ada didalamnya seperti bumi tidak lagi nyaman untuk ditempati, suhu udara dibumi yang semakin panas, naiknya permukaan air laut yang bisa menenggelamkan pulau-pulau kecil, naiknya intensitas terjadinya angin topan, dan masih banyak lagi. Ada berbagai penyebab global warming, diantaranya:

Source : https://www.flickr.com/photos/senor_codo/352250460/

1. Asap Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor merupakan salah satu penyebab utama terjadinya global warming karena mengeluarkan gas emisi karbondioksida penyebab terjadinya peristiwa efek rumah kaca. Keadaan ini semakin diperparah dengan fakta semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor setiap tahunnya. Jika hal ini tidak segera ditindaklanjuti bukan mustahil pemanasan global akan semakin bertambah parah.

2. Polusi Karbondioksia dari Pabrik

Sama seperti kendaraan bermotor, pabrik-pabrik dan juga pembangkit listrik mengeluarkan gas polusi karbondioksida yang menyebabkan pemanasan global. Sayanganya dengan dalih kepentingan ekonomi, sekarang semakin bertambah jumlah pabrik-pabrik dan pembangkit listrik diberbagai negara. Mungkin sudah saatnya pabrik-pabrik menggunakan bahan bakar alternatif atau terbarukan.

Baca Juga : Pengertian dari Global Warming
3. Kerusakan Hutan

Kita semua tentu mengetahui bahwa semakin hari hutan kita semakin sedikit dan rusak. Kerusakan hutan diantaranya disebabkan oleh kebarakan hutan, perambahan hutan, dan penggundulan hutan. Padahal hutan merupakan paru-paru dunia yang dapat menghasilakan oksigen dalam jumlah besar untuk manusia serta menyerap karbon dioksida yang menjadi penyebab dari pemanasan global.

4. Aktivitas Peternakan dan Pertanian

Tahukan kamu bahwa aktivitas peternakan dan pertanian juga memberikan peran terhadap terjadinya pemanasan global? Ya, aktivitas peternakan dan pertanian mengeluarkan gas metana yang notabene merupakan gas penyebab terjadinya efek rumah kaca kedua terbesar setelah gas karbon dioksida. gas metana ini umumnya terjadi dipersawahan dan juga peternakan sapi.

Artikel Lainnya : Dampak Global Warming

5. Penggunaan Pupuk Kimia yang Berlebihan

Seiring dengan berkembangnya teknologi pertanian, penggunaan pupuk kimia semakin meningkat dari waktu ke waktu. Padahal penggunaan pupuk kimia yang berlebihan ini tidak baik untuk lingkungan dan dampak penyebabkan pemanasan global. Pupuk kimia ini berbahan dasar nitrogenoksiga yang ratusan kali lebih kuat dari karbondioksida sebagai perangkap panas, jadi bisa kita bayangkan kan? 

Berbagai Penyebab Global Warming Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

1 comments:

  1. Makasih ya ini sangat membantu

    ReplyDelete