Blog ini merupakan media yang menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan global

Penyebab Global Warming Yang Harus Kita Ketahui

Mengenali dan mengetahui berbagai penyebab global warming itu penting bagi kita, sehingga kita bisa tahu mana tindakan kita yang ikut berkontribusi terhadap peningkatan laju global warming dan mana yang tidak. Jika tindakan-tindakan yang kita lakukan menjadi sebab global warming, maka kita harus bisa menghentikan tindakan tersebut, minimal menguranginya. Dan inilah beberapa penyebab global warming yang terjadi didalam kehidupan kita:

Penyebab Global Warming
Source : https://c2.staticflickr.com/6/5047/5249763582_f5d4e6f2cb_z.jpg

Penyebab Global Warming

Inilah Berbagai Macam Penyebab Global Warming

  • Emisi Karbon Dioksida Dari Kendaraan Bermotor
Satu sisi peningkatan jumlah kendaraan bermotor berdampak positif untuk perekonomian negara, disisi lain hal ini bisa menyebabkan laju global warming semakin parah. Emisi karbon dioksida yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor dalam jumlah yang massive menyebabkan terjadinya efek rumah kaca dimana ini adalah penyebab utama terjadinya global warming.
  • Emisi Karbon Dioksida Dari Pabrik-Pabrik.
Penyebab lain terjadinya global warming adalah emisi karbon dioksida yang dikeluarkan oleh pabrik-pabrik. Asap-asap pabrik yang berupa gas karbon dioksida terbang ke angkasa (atmosfer) dan menjadi sebb utama terjadinya fenomena efek rumah kaca. Sebagaimana yang telh kita ketahui bersama, bahwa efek rumah kaca adalah penyebab utama global warming.
  • Kerusakan Hutan.
Kerusakan hutan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya adalah kebakaran hutan dan penggundulan hutan. Kerusakan hutan menyebabkan hutan tidak bisa lagi menyerap gas-gas karbon dioksida yang mayoritas dikeluarkan oleh kendaraan bermotor dan pabrik-pabrik. Ketidakmampuan hutan dalam menyerap gas karbon dioksida ini menyebabkan laju global warming semakin parah.

Baca Juga : Dampak Pemanasan Global

Penyebab Global Warming Lainnya

  • Gaya Hidup Manusia
Salah satu yang menjadi penyebab global warming adalah gaya hidup manusia yang tidak pro terhadap lingkungan seperti menggunakan listrik semaunya, menggunakan gadget seenaknya, menggunakan kertas secara berlebihan, lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi, dan masih banyak lagu. Perlu diketahui bahwa hal-hal tersebut dapat membuat laju global warming semakin parah.
  • Emisi Metana dari Sektor Pertanian dan Peternakan.
Gas metana merupakan gas penyebab utama efek rumah kaca setelah gas kerbon dioksida. Gas metana ini bisa dihasilkan dari sektor pertanian dan peternakan. Disektor pertanian gas metana dihasilkan di sawah-sawah sedangkan disektor peternakan gas metana dihasilkan pada peternakan sapi. Ketahuilah bahwa semakin lama jumlah gas metana di atmosfer semakin banyak.

Artikel Lainnya : Cara mengatasi Global Warming
  • Penggunaan Pupuk Kimia Secara Berlebihan.
Penggunaan pupuk kimia semakin lama semakin meningkat, padahal pupuk kimia ini sangat berbahaya bagi lingkungan. Perlu diketahui bahwa pupuk kimia mengandung kandungan gas nitrogen oksida yang notabene memiliki kapasitas 300 kali lipat lebih panas dibandingkan dengan gas karbon dioksida. So, kita bisa bayangkan betapa panasnya bumi ini jika tidak segera dikendalikan.

Jadi Kamu Sudah Tahu Kan Penyebab Global Warming?

Nah itulah beberapa penyebab global warming yang terjadi pada bumi ini. Sudah seharusnya kita bisa menghentikan atau minimal mengurangi tindakan-tindakan kita apabila tindakan-tindakan kita menjadi sebab terjadinya global warming. Kita semua tentu berharap agar fenomena ini bisa dikendalikan atau bahkan dihentikan demi kelangsungan hidup manusia dimuka bumi ini.

Penyebab Global Warming Yang Harus Kita Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment